Saturday, April 9, 2011

sejarah ungu (vers 2)

    Ungu didirikan oleh Makki Oemar Parikesit (Makki) pada tahun 1996.Band ini dibentuk setelah Makki mnyelesaikan kuliah di Indianapolis,Amerika Serikat.
Band ungu terbentuk karena seringnya makki brmainband. Pada saat itu, vokalis masih dpegang oleh Michael P. Personelungu saat itu Michael (vokal), Ekky (gitar), Makki (Bass), Gatot(Keyboard), dan Pasha Van Der Krabb (Drum) yang sempat mengeluarkanalbum pertama yang bernama KLIK dan akhirnya sekarang nama KLIK menjadiinspirasi menjadi nama fansnya dari CLIQ, menjadi CLIQUERS.
Alkisahtahun 1996, ada segerombolan anak muda sedang iseng-iseng berkumpul disebuah studio di bilangan Tebet. Awalnya mereka datang dengan band-nyamasing-masing, tapi karena sering ketemu, jadilah mereka sering ngobrolsampe nge-jam bareng. Acara nge-jam bareng ini nggak berakhir di studiolatihan aja, tapi juga ke panggung-panggung 17an dan pensi-2 sekolah diseputaran Tebet. Namanya band manggung, musti punya nama dong jadilahUngu. Kenapa Ungu? Kenapa nggak? (ini jawaban paling standard darimereka kalau ditanya kenapa namanya Ungu). Yang jelas sih merekamencari nama yang sederhana dan mudah diingat. Setelah berkarir diseputaran Tebet, mulailah tawaran-tawaran manggung berdatangan sampaiakhirnya personil Ungu berguguran karena dibajak band lain lah, karenaharus kuliah lah dan sebagainya.
     
     Proses gonta ganti personil iniberlanjut cukup lama dan cukup sering. Sekitar sembilang kali kuranglebih. Salah satu mantan personil yang sekarang dikenal sebagaipenyanyi solo adalah Ariyo, sebelum bergabung dengan SOG (Iya! Ariyoyang itu!) Sejak awal manggung, Ungu sudah mulai membawakan lagu2nyasendiri. Mulailah beberapa orang terdekat mereka menyarankan agarmereka mencoba menawarkan lagu2 tersebut ke perusahaan recording untukbikin album.
Pada tahun 2000, Ungu ditawarin untuk mengisi sebuahalbum kompilasi di Warner Music Indonesia. Bersama Lakuna, Borneo,Piknik dan Energy (bukan Energy yang dari Taiwan itu yah!)masing-masing menyumbangkan dua buah lagu untuk album kompilasi KLIK.Dua lagu Ungu judulnya Hasrat dan Bunga. Saat kompilasi ini punpersonil Ungu belum seperti komposisi saat ini. Punya dua lagu dalamalbum kompilasi ternyata jadi pemicu mereka untuk bikin lagu lebihbanyak lagi dan berharap dapat membuat album penuh. Setelahmuter-muterin ibukota yang kejam ini untuk mencoba memperdengarkanlagu-lagu mereka ke berbagai label, akhirnya mereka bertemu sekelompokorang yang menamakan dirinya BAR & Co. BAR & Co. ini tertarikpada materi lagu Ungu dan bersedia menjadi Producer untuk album penuhUngu dan akhirnya nyangkutlah Ungu di Hemaswara/Musica Group. Setelahproses yang panjang dalam rekaman dan bahkan harus kembali kehilanganpersonil, album pertama Ungu dirilis tanggal 6 Juli 2002. Album yangdiberi judul Laguku ini mengemas 12 lagu yang bervariasi.
    
     Begituseriusnya mereka ingin tampil total, Ungu meminta Mas Sawung Jabo untukmembuatkan aransemen untuk strings section yang kemudian digarap olehBanyu Mili, strings section dari Jogjakarta. Nggak disangka juga bahwasingle pertama, Bayang Semu, yang juga jadi soundtrack sinetron ABG,membawa Ungu ke berbagai kota di Indonesia untuk mengadakan liveperformance. Sejak album itu beredar, Ungu sudah tampil di hampir 100panggung di seluruh Indonesia. Perjalanan tour mereka nikmati benar,tapi nggak kerasa juga bahwa deadline album kedua semakin dekat. Sambiltour, ntah di bis, di pesawat, maupun di kapal ferry, Ungu nyempetingenjreng-genjreng untuk bikin lagu. Curhatan-curhatan ala cowok punbisa jadi inspirasi lagu. Gak bisa dipungkiri, seringnya mereka pergikeluar kota membuat beberapa orang diantaranya jadi diputusin pacarnya.Sedih memang, tapi itu jadi sumber inspirasi yang gak ada habisnya.Oya, inget dong kalo dulu Ungu berempat. Nah, karena setiap manggungUngus elalu butuh gitaris tambahan, maka ada beberapa orang gitarisyang pernah mengisi kekosongan itu, sebut saja Ari Rasa dan Onci eksFunky Kopral. Ntah sama gilanya atau karena memang selera musiknyasejalan, akhirnya Onci meng-iyakan waktu ditawari untuk bergabungsebagai anggota kelima Ungu. Kalau proses rekaman album pertama cukuppanjang, maka proses rekaman album kedua Ungu bisa dibilang sangatsingkat. Cuma dalam waktu 3 minggu semua materi sudah harus kelardiaransemen dan direkam. Kerja keras? Iya banget! Ungu jadi seringtidur di Hijau studio di bilangan Radio Dalam dan telat makan. Efeknya?Jangan ditanya… beberapa dari mereka langsung terkapar sakit. (Hmm..masih lumayan gak sempet ada yg masuk rumah sakit kayak Pasha wakturekaman album pertama). Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba. Kelarjuga album kedua ini dan diberi judul sesuai harapan mereka, (menuju)Tempat Terindah. Masih nggak pelit, tetep ngasih 12 lagu. Malah dikemasan CD ada bonus versi akustik lagu Suara Hati dan VCD behind thescene making the video single pertama di album ini, Karena Dia Kamu.Apa bedanya dengan album pertama? Kamu yang tentukan!
     
     Thn 1997 M. Nur Rohman (Rowman) bergabung sbg drummer karenameninggalnya drummer lama Pasha Van Der Krabb, disusul masuknya SigitPurnomo Syamsudin Said (Pasha) yg mngganti michael sebagai vokalis padatahun 1999.Nama Pasha dpakai untuk mengabadikan nama mantan drummerungu yg meninggal.
Rowman sempat keluar ungu dan diganti Icad, namuntidak lama, Rowman kembali masuk ungu. Gatot, Icad, Michael keluar ungukrn ketahuan memakai narkoba dan ungu mengalami masa kehancuran.
     
     Logo ungu berganti setelah masuknya Franco Wellyjat Mendjaja (Enda– 2002) yang kini menuai Kontroversial karena tanduk satu menjaditanduk dua yang disinyalir logo setan. Pada saat itu Ekky keluar dariungu.
Tahun 2002, ungu mengeluarkan album kedua bernama LAGUKU dengansinglenya BAYANG SEMU, JIKA ITU YANG TERBAIK DAN LAGUKU. Ungu mulaiterkenal setelah keluar album ini, namun masih dibawah lindungan dankarya mantan personel ungu.
Thn 2003, ungu mnambah personel gitar yaitu Arlonsy Miraldy (Oncy)yg mrupakan personel termuda. Oncy mulai aktif di ungu saat di albumTEMPAT TERINDAH tahun 2004. Oncy adalah mantan personel   Funky Kopral.
     
     Tahun 2006 ungu mengeluarkan album MELAYANG. Di album ini, ungusudah menemukan jati diri dan gaya bernyanyinya yang khas. Lagu lagudidominasi ciptaan Enda, Oncy, dan Pasha.
Dengan singlenya DEMIWAKTU, popularitas ungu mulai melejit, disusul single lainnya sepertiTERCIPTA UNTUKKU, SEPERTI YANG DULU, BERIKAN AKU CINTA, MELAYANG,CIUMAN PERTAMA, BERJANJILAH, AKU BUKAN PILIHAN HATIMU, DAN SEJAUHMUNGKIN. Dan sempat membuat klip CINTA YANG LAIN featuring Alm. Chrisye.
     
     Tidak selisih lama, ungu mempunyai inisiatif untuk mengeluarkanmini album religi, dengan album pertama SURGA MU. Popularitas ungusemakin terangkat karena dua singlenya SURGA MU dan ANDAI KU TAHU. Darihasil pembuatan album religi, ungu mendapat penghargaan dari presiden,namun ketika masuk di istana, Personel Ungu diusir karena memakaicelana Jeans.
Konser ungu di Pekalongan adalah konser Kelam bagi ungu, karenabanyaknya fans ungu, sehingga penonton berdesakan hingga mengakibatkan10 orang tewas dalam konser tersebut. Banyak yang menganggap sumberkesialan adalah logo ungu yang bertanduk, sehingga meminta korban.Namun ungu membantah hal tersebut. Pada saat itu ungu terancam bubar.
Tahun 2007 ungu membuat Video Clip Album Kompilasi COKELATSTRAWBERRY yang dengan singlenya DI SINI UNTUKKMU. Selanjutnya ungumenggarap album UNTUKMU SELAMANYA yang Klipnya KEKASIH GELAPKU, CINTADALAM HATI, dll. Ada satu lagu ungu di album ini yang dijadikan ThemeSong FROM BANDUNG WITH LOVE, yaitu WAKTU YANG DINANTI.
Bulan Ramadhan, ungu mengeluarkan album PARA PENCARI MU yang larisdi sountrack PARA PENCARI TUHAN, SOLEHA, dan AISHA. Dan ungu sempatmenyanyikan lagu Peninggalan Alm. Chrisye SELAMAT JALAN KEKASIH.
     
     Akhir tahun 2007, ungu menggandeng Rossa dalam lagu TERCIPTAUNTUKKU (re-aransement) yang digunakan di album AYAT AYAT CINTA Rossa.
Tahun 2008, album religi ungu keluar dengan AKU DAN TUHANKU dan single terlarisnya DENGAN NAFAS MU dan SYUKUR ALHAMDULILLAH.
Selanjutnya, Rossa kembali menggandeng Pasha dalam Album ROSSA dengan singlenya TERLANJUR CINTA.
     
     Tahun 2009, ungu dalam penggarapan album PENGUASA HATI dengansinglenya HAMPA HATIKU bergenre pop dangdut featuring I’IS DAHLIA lalu di lanjutkan dengan album religinya dengan nama MAHA BESAR dengan lagu DIA MAHA SEMPURNA dengan singel andalannya........

      Lalu pada tahun 2010 UNGU menggabungkan Album Pop dan Religinya menjadi satu dengan cover yg berjudul 1000 KISAH SATU HATI dengan satu lagu religi yg berjudul DOA UNTUK IBU namun album ini menjagokan lagu PERCAYA PADAKU yg di ciptakan Aa'Sha (PASHA) untuk melariskan album ini lalu di lanjutkan dengan lagu DIRIMU SATU dan ada satu lagu yang berduaet dengan salah seorang penyanyi perempuan yaitu ANDIEN dengan lagu SAAT BAHAGIA

    Namun di album 1000 KISAH SATU HATI ini ada 3 lagu yang liriknya menggunakan bahasa Inggris yaitu lagu ALMOST SOULMATE (ONCY),I NEED YOU (PASHA),IN TIME (ENDA)

No comments:

Post a Comment